SELAMAT DATANG DI WEBBLOG SERBA-SERBI INDONESIA TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG
PayPal.Me/Techerbandung.

Sabtu, 10 Maret 2018

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

Media adalah alat/benda yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mempermudah guru mengajar dan siswa belajar. Yang dimaksud dengan media dalam pengajaran  ialah suatu alat/benda yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran  sehingga materi pelajaran dapat sampai dan diterima siswa secara utuh dan mendalam.

Salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Menurut Hamalik (dalam Azhar Arsyad, 1996:15), mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Dalam proses belajar mengajar, fungsi media menurut Nana Sudjana (1991:25) yakni :
Penggunaan media dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi mempunyai fungsi sendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif.
Penggunaan media pengajaran merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar.
Media dalam pengajaran, penggunaannya bersifat integral dengan tujuan dan isi pelajaran.
Penggunaan media dalam pengajaran semata-mata sebagai alat hiburan yang digunakan hanya sekedar melangkapi proses belajar supaya lebih menarik perhatian siswa.
Penggunaan media dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru.
Penggunaan media dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar.
Secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan sebagai berikut :
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata atau lisan belaka).
Mengatasi keterbatasab ruang, waktu dan daya indera, seperti : 1) Objek yang terlalu besar bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film atau model, 2) Objek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, atau gambar, 3) Konsep yang terlalu luas.
Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Media pembelajaran berguna untuk : 1) Menimbulkan kegairahan belajar, 2) Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan, 3) Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
Dengan Sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Apabila latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pembelajaran yaitu dengan kemampuan dalam : 1) Memberikan perangsang yang sama, 2) Mempersamakan pengalaman, 3) Menimbulkan persepsi yang sama.
Dalam membahas kedudukan media pengajaran dalam perencanaan pengajaran, diperlukan pengetahuan tentang merumuskan dan menganalisis tujuan pengejaran, menetapkan prosedur, jenis dan alat penilaian. Selanjutnya pengetahuan tentang media pengajaran sangat berguna untuk menyusun perencanaan program pengajaran. Dengan mengenal media pengajaran dan memahami cara-cara penggunaanya akan sangat membantu tugas para guru dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran.

DAFTAR SEMUA POSTINGAN

free counters