SELAMAT DATANG DI WEBBLOG SERBA-SERBI INDONESIA TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG
PayPal.Me/Techerbandung.

Minggu, 31 Juli 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) BERKARAKTER EXPLORASI, ELABORASI, KONFIRMASI



 
Nama Sekolah           :   SDN TUNAS KARYA 
Mata Pelajaran          :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester    :   I / 1
Standar Kompetensi :   1.     Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar     :   1.1   Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu           :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran**       :
1.        Siswa dapat melafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan  benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran    :
1.        Materi tentang melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan  benar


Metode Pembelajaran :      
1.        Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan  Individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
F Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi
Motivasi :
F memberikan informasi tentang tujuan mempelajari ketentuan-ketentuan bahan ajar surah Al Fatihah  dan isi kandungannya serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam dan Sepenggal kisah)
2.         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru secara hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , serta Tanggung jawab ( responsibility ), .
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran secara Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara Tanggung jawab ( responsibility ), memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar secara Tanggung jawab ( responsibility dan Jujur ( fairnes ).
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Fatihah secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar:
1.         Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2.         Alquran (Juz Amma)
3.         Buku Pendidikan Agama Islam
4.         Buku-buku lain yang relevan
5.         Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.         Pengalaman guru
7.         Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Ø  Melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar

Tes Lisan
Hafalkan
1.        Hafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar !
2.        Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh ya’ mati dibaca apa?
3.        Sebutkan surat  al-Fatihah tiap ayat!
4.        Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat pahala satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…
a. 10 kebaikan                          b. 20 kebaikan                       c. 30 kebaikan
5.        ar-rahmān artinya adalah ?

Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH

DAFTAR SEMUA POSTINGAN

free counters