SELAMAT DATANG DI WEBBLOG SERBA-SERBI INDONESIA TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG

Senin, 10 Oktober 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) BERKARAKTER EXPLORASI, ELABORASI, KONFIRMASI


post signature
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester             :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka dan Panca Indera Manusia
 waktu                          :   2 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
o   Siswa dapat Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o   Siswa dapat Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
o   Memelihara kesehatan rangka (hlm.8)
Penyakit yang menyerang tulang (hlm.9)
Bersikap tubuh yang benar (hlm.9)
Makanan bergizi dan berolah raga teratur (hlm.11)

E.     Media Belajar
o   Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Benda yang berat (misalnya seember air, setumpuk buku atau tas sekolah), meja dan kursi kelas,

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melakukan kegiatan
Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
-   Lordosis
-   Kifosis
-   Skoliosis
Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.


(50 menit)




















(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor



G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia

o  Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan
Unjuk kerja






o  Jelaskanlah cara pemeliharaan rangka manusia

o  Carikan informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
§   

                                                                                            Juli   2011
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                    Guru Kelas IV




NIP : 

1 komentar:

TERIMAKASIH

DAFTAR SEMUA POSTINGAN