SELAMAT DATANG DI WEBBLOG SERBA-SERBI INDONESIA TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG

Kamis, 08 Oktober 2009

Liburan Tiba, Kota Bandung Diserbu

Liburan Tiba, Kota Bandung Diserbu

Sejumlah Ruas Jalan Mengalami Kemacetan

SEORANG pembimbing memberikan contoh membuat mainan kelinci dari kepompong ulat sutra kepada peserta liburan Planet Sains di Padepokan Ulat Sutera Dayang Sumbi Desa Pamoyanan Kec. Cimenyan Kab. Bandung, Minggu (29/6). Mengisi liburan sekolah tidak hanya dilakukan dengan berkunjung ke objek wisata, tetapi dapat juga dengan melatih keterampilan sambil bermain.* USEP USMAN NASRULLOH
BANDUNG, (PR).-
Memasuki masa liburan sekolah, tempat wisata, berbelanja, dan makan di Kota Bandung diserbu wisatawan domestik. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Kota Bandung mengalami kepadatan.

Salah satu tempat yang dipadati pengunjung adalah Kebun Binatang Bandung. "Hingga pukul 12.00 WIB, jumlah pengunjung sudah lebih dari 3.000 orang," ujar Dadang, seorang petugas jaga Kebun Binatang Bandung, Minggu (29/6).

Berdasarkan pemantauan "PR", rombongan yang datang sejak pagi hari umumnya warga Kota Bandung. Sementara, menjelang siang, pengunjung berasal dari luar Kota Bandung, seperti Soreang, Sumedang, Purwakarta, Cianjur, Garut, dan lainnya.

Sejumlah pengunjung yang ditemui "PR" menilai, harga tiket masuk sebesar Rp 8.000,00 masih terhitung murah, terutama jika melihat banyaknya koleksi di kebun binatang. Selain itu, lokasi kebun binatang strategis karena dekat dengan kawasan belanja dan kuliner di Jln. Ir. H. Djuanda (Dago).

Jalan padat


Melonjaknya angka kunjungan ke kebun binatang membuat lalu lintas di Jln. Tamansari padat. Kepadatan semakin parah karena jalan itu dijadikan alternatif untuk menghindari kemacetan di Jln. Dago.

Kemacetan di sana juga berdampak pada jalan-jalan di sekitarnya, seperti dari arah selatan hingga Jln. Cikapayang. Sementara, dari arah utara dari Simpang Dago (Dago-Dipati Ukur).

Kepadatan juga terjadi di Jln. Dipati Ukur hingga Lapangan Gasibu (Jln. P.H.H. Mustofa dan Diponegoro). Sementara ke arah barat, kepadatan terjadi di Jln. Cihampelas, Dr. Setiabudhi, Sukajadi, dan Pasirkaliki. Di pusat kota, kemacetan terjadi Jln. Merdeka, Riau, Veteran, Tamblong, Braga, dan Asia Afrika.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, mengatakan Drs. H.I. Budhyana, M.Si., tingginya minat wisatawan datang ke Kota Bandung karena sejumlah pertimbangan, terutama terkait faktor keamanan serta kelengkapan wisata belanja dan jajanan.

Disbudpar mengaku belum memperoleh data wisatawan yang masuk ke Kota Bandung. Namun, ia memprediksi, selama liburan tahun ini, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bandung akan lebih dari 10.000 orang.

Menurut dia, kenaikan BBM tak berpengaruh terhadap sektor wisata. Soalnya, wisata sudah bergeser menjadi kebutuhan. "Dalam hal ini, karenanya, dibutuhkan komitmen daerah untuk memperbaiki infrastruktur agar wisatawan mendapat kenyamanan," ujarnya. (A-87)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH

DAFTAR SEMUA POSTINGAN